Cara Instal WordPress di localhost

Pada artikel pertama ini saya akan menjelaskan cara menginstal WordPress di localhost. Untuk menginstal WordPress di localhost, kita memerlukan sebuah software sebagai server lokal. Anda bisa menggunakan software seperti XAMPP atau WAMPP dan software lainnya. Namun pada tutorial ini saya menggunakan XAMPP sebagai server lokal saya.

1. Instal Aplikasi XAMPP pada komputer anda kemudian jalankan.

2. Jika anda belum mempunyai WordPress Package, anda bisa mendownload nya disini. Download lah versi paling terbaru, disini saya menggunakan WordPress versi 3.6.

3. Extract wordpress.zip ke dalam folder “C:\xampp\htdocs”.

Localhost phpmyadmin

4. Localhost phpmyadmin

4. Buatlah sebuah database untuk server tersebut, caranya ketikan URL di browser “localhost/phpmyadmin”, kemudian buatlah sebuah database dengan nama bebas misalkan “latihan”.

Create Configuration

5. Create Configuration

5.Setelah membuat database, ketik URL localhost/wordpress , jika berhasil maka di browser anda akan tampil seperti ini, dan klik

6. Kemudian pada halaman berikutnya kita harus mengisi informasi dari web kita seperti nama database, username, password dan hosting.

Informasi database

7. Informasi database

7. Silahkan isi field-field ini seperti yang sudah kita buat sebelumnya.

  1. Database Name: isi dengan latihan
  2. Username: isi dengan root
  3. Password: kosongkan saja
  4. Database Host: isi dengan localhost
  5. Table Prefix: isi wp_

Jika sudah klik Submit.

8. Silahkan klik Run the install

WorPress information

9. WorPress information

9. Kemudian anda akan dihadapkan pada form informasi nama website anda dan akun admin untuk masuk kedalam WordPress Dashboard. Instal WordPress dan anda sudah berhasil menginstal WordPress di localhost anda.

Silahkan buka URL ini localhost/wordpress ,maka tampilannya akan nampak seperti ini

Default website

Default website

Yap, di WordPress 3.6 ini default dari themes adalah Twenty Thirteen.

Tutorial Menginstal WordPress sudah selesai, sekarang saatnya anda mengutak-ngatik apa saja fitur yang ada di WordPress ini.  Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>